kesalahan membuat surat lamaran

kesalahan saat kirim surat lamaran kerja untuk fresh graduate.

1. Perhatikan Pas foto anda
  • Saat mengirimkan surat lamaran kerja atau CV biasanya pihak perusahaan mencantumkan persyaratan salah satunya pas foto. Nah, jika anda diminta untuk mencantumkan foto tersebut, jangan anda berikan foto anda yang terkesan casual, tapi gunakan foto anda yang tampak profesional seperti memakai kemeja atau bahkan foto saat anda mengenakkan jas. Hindari memberikan foto yang biasa anda jadikan foto profil di media sosial, itu adalah sebuah kesalahan.

2. Alamat email anda
  • Alamat email anda pun tak luput dari sebuah kesalahan yang anda buat sendiri, semisal anda memberikan alamaemail anda begini: Namajelas@yahoo.com atau Namajelas@ymail.com. Jika nama anda Nama jelas ,sebaiknya anda memakai alamat email dengan nama jelas anda, begitu pula jika nama anda Dadang Derajat. Atau upayakan alamat email anda terkesan profesional, pokoknya tidak kenak-kanakkan.

3. Menyampaikan informasi yang tidak berkaitan dengan  posisi yang anda lamar
  • Dalam mengirimkan resume atau CV anda, tentunya tatkala anda punya berbagai prestasi yang membuat anda bangga, prestasi tersebut anda cantumkan semuanya. Hindari prestasi yang tidak berkaitan dengan posisi yang sedang anda lamar. Misalnya anda melamar untuk posisi satpam, sementara anda punya prestasi semisal juara lomba memasak, nah demikian jangan anda tuliskan karena hanya akan membuat panjang CV anda saja.
4. CV yang anda kirim terlalu panjang
  • Jangan anda berpikir menulis surat lamaran kerja dengan amat panjang demikian akan menjadi nilai tambah, justru itu adalah sebuah kesalahan. Menulis CV jangan disamakan dengan lomba mengarang. Tentunya pihak perusahaan mendapatkan begitu banyak surat lamaran, selain anda tentunya, maka dari itu sajikan CV anda secara singkat namun jelas. Upayakan mencantumkan dalam bentuk poin-poin ketimbang dalam bentuk paragraf.
5. Email kosong
  • Perhatian! Meskipun CV anda tersimpan di handphone, akan tetapi jika anda menemukan info lowongan kerja dan lalu anda tertarik untuk melamar ke sana, jangan sampai anda langsung kirim lamaran ke sana tanpa surat lamaran. Demikian menunjukkan bahwa anda tipe orang yang malas, dan demikian adalah sebuah kesalahan. Buatlah surat lamaran kerja anda dengan menarik.
6. Menjiplak
  • Yang terakhir wajib simak! Jangan sampai anda menjiplak punya orang dalam surat lamaran kerja anda, hal ini tentu akan berakibat fatal. Upayakan surat lamaran kerja anda orsinil, karena pihak perusahaan akan mengetahui surat lamaran mana yang hasil jiplak dan surat lamaran mana yang orsinil. Peluang anda diterima kerja terbuka lebar saat anda menulis surat lamaran kerja yang orsinil.

Share: